Rabu, 18 Agustus 2010

Perang Salib

Termenung
Keadaan Eropa Sebelum Perkembangan Kolonialisme.Kedatangan bangsa Eropa ke Asia yang selanjutnya mengembangkan kolonialisme,tidk dapat dipisahkan dengan situasi sebelumnya yang terjadi di Eropa.
I Perang Salib.
Perang salib merupakan peperangan antara penguasa Romawi dengan penguasa Turki Seljuk dalam memperebutkan daerah-daerah suci di Timur Tengah (Yerussalem,bethelhem dan pelesina).Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perang salib.Pertama,penguasa daerah Palestina yang dianggap mempersulit orang-orang nasrani dari Eropa yang akan berziarah ke tempat suci di Palestina.Kedua,penguasa daerah syira yang merupakan jajahan Romawi Timur(Bizantium),menyebabkan kaisar Romawi Timur terdesak.Ketiga ,Seruan Paus Urbanus II tahn1096 untuk membebaskan tempat-tempat suci Nasrani di Palestina.


Dalam perkembangan selanjutnya Perang Salib terjadi dalam beberapa tahap,yaitu:Perang Salib I (1096-1099)dipicu oleh adanya seruap Paus Urbanus II untuk membebaskan tempat tempat-tempat suci di Palestina(1147-1149)dipicu oleh jatuhnya kota Eddesa ke tangan Turki Seljuk,Perang Salib III dipicu oleh jatuhnya Darusslam ke tangan Turki Seljuk..Perang Salib IV (1202-1204)disebut juga perang salib perdagangan sebab Venesia memanfaatkan perang ini untuk mengembangkan perdagangannya.Perang salibV (1217-1229)sering disebut perang diplomatik.Perang salib VI(1248-1254)dipicu oleh serangan pihak Eropa ke Mesir.Dan,perang salib VII (1270-1291)dipicu oleh serangan Lodewijk IX ke wilayah Tunsia.Perang Salib yang lama itu menyebabkan :
1. Munculnya kota-kota perdagangan di Italia(Genoa,Venesia,Florence,Pisa.)
2. Perkembangannya kembali perdagangan antara Barat dengan Timur antara yang sempat putus akibat penguasaan beberapa wilayah Eropa oleh penguasa Turki Seljuk.
3. Mundurnya golongan bangsawan ,akibat banyak yang mati dalam pertempuran.
4. Munculnya golongan rakyat ,terutama pedagang yang semakin berkuasa.
5. Bertambahnya pengetahuan orang-orang Eropa tentang dunia Timur.
6. Masuknya beberapa jenis tanaman dari Timur di wilayah Barat seperti tebu dan padi.
7. Berkembangnya penyakit pes,akibat beberapa tentara yang kembali membawanya ke Eropa.Penyakit ini dikenal sbagai “The Black Death”di Eropa.

II Jaman Renaisance dan Humanisme
Renaisance berasal dari kata Renacari dalam bahasa Latin berarti kelahiran kembali.Sedangkan Humanisme adalah aliran yang gemar mempelajari dan menghayati bahasa dan kesusastraanYunani dan Romawi Kuno(Eropa klasik).Jadi antara Renaisance dan Humanisme terdapat hubungan yang erat; yaitu dengan kelahiran kembali dimaksudkan agar kehidupan masyarakat Eropa kembali pada pola kehidupan masyarakat Eropa pada jaman Yunani dan Romawi Kuno yang cenderung bersifat duniawi.
Sebagai latar belakang jaman Renaisance dan Humanisme adalah jaman Eropa pertengahan yang ciri-cirinya sebagai berikut:
a) Adanya dominasi gereja dalam aspek kehidupan masyarakat seperti : bidang politik,ekonomi,sosial dan budaya.
b) Munculnya kerajaan-keajaan baru dimana kekuasaan raja sangat tergantung pada Paus.Raja tidak akan diakui oleh rakyatnya seelum dinobatkan oleh Paus.
c) Karena doktrin gereja maka kehidupan masyarakat pada masa itu dititikberatkan pada masalah sorgawi .
d) Kebebasan berfikir sangat dikekang.Hal ini disebabkan karena doktrin gereja yang menyatakan bahwa menyelidiki alam sama halnya menyelidiki kekuasaan Tuhan dan dianggap dosaKasus ini eperti yang terjadi pada Galilea-Galileo yang harus mendapat sanksi hukuman dari gereja.
e) Perekonomian dititikberatkan pada bidang pertanian karena berdagang menurut gereja adalah pekerjaan menip an dosa.
Karena cii-ciri masarakat Eropa pada masa pertengahan yang demikian itu,maka masyarakat Eropa mengalami kemerosotan disegala bidang kehidupan.Sehingga masa ini disebut masa kegelapan atau Dark Ages.Karena kemerosoan itu munculah gerakan untuk mengembalikan pola hidup masyarakat Erpa sebagai mana pada masa Eropa Kuno yang dikenal dengan gerakan Renaisance dan Humanisme.
Sebab-sebab Renaisance dan Humanisme adalah :
a. Kehidupan masyarakat Eropa pada masa Eropa pertengahan yang mengedepankan masalah surgawi (scholastik) menjadikan bangsa Eropa mengalami kemerosotan.
b. Berkembanngnya faham Rasionalisme yang mengutamakan kebenaran akal dan pikiran .Kehidupan duniawi lebh riil dan dapat diterima akal ari pada kehidupan surgawi yang abstrak.
c. Munculnya masyarakat kota(paura)yang ummnya didomnasi oleh kaum borjuis yang berpandangan modern dan realistis.Mereka ingin berkembang secara bebas dan mengarah kekehidupan individualistis.
d. Munculnya raja-raja yang menginginkan kekuasaannya bebasdari pengaruh gereja,seperti raja PhilippeIV(perancis) dan Raja Henry VIII(inggris)
e. Berkembangnya kesenian terutama seni sastra sehingga mendorong kehidupan masyarakat yang ingin bebas dari pengaruh siapapun.

Comments :

0 komentar to “Perang Salib”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Pojok Sejarah

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger